CARA BELAJAR FISIKA

Kalo di dalam kelas, kada saya suka bertanya kepada anak-anak. Pelajaran apa yang paling sulit kamu pelajari? Maka akan saya temui jawaban lebih dari 80% mengatakan pelajaran fisika. Kamu gimana?
Waktu saya jadi siswa, saya juga mengatakan hal yang sama, bahwa pelajaran fisika itu memang sulit untuk dicerna.

Saya tidak akan memuungkiri hal tersebut (walaupun saya pecinta fisika sampai sekarang). Bahkan sampai sekarang ada beberapa permasalahan fisika yang belum bisa saya selesaikan dengan baik. Beberapa konsep fisika yang harus saya cerna lebih keras dan mendalam.
Tapiiiii.. itu semua tidak menjadikan alasan untuk kita menghindari bahkan menyerah untuk mengerti beberapa konsep dasar fisika. iya kan???

Pelajaran Fisika memang sulit, tapi bisa dipelajari.
Soal-soal Fisika memang sulit, tapi bisa dikerjakan.
sejauh mana kamu membuka diri untuk fisika. Maka sedalam itu juga kamu bisa mengerti fisika.

Untuk kamu yang masih SMA jurusan MIPA, mau ga mau kamu akan ketemu dengan pelajaran ini. Pelajaran yang akan bikin kamu berpikir dan terus berpikir... terus gimana ya cara enak belajar fisika? Nah, saya akan sedikit berbagi sesuai dengan pengalaman yang saya alami selama saya mempelajari fisika.

1. PRINSIPNYA : "JANGAN MENGHAFAL"
     Jangan pernah coba-coba menghafal rumus-rumus dalam fisika, apalagi kalo kamu cuma tau simbolnya doang. contoh : s= v x t dan bla..bla..bla...bla...

2. LANGKAHNYA : "PAHAMI KONSEP"
  Pahami konsep dari apa yang kamu sedang pelajari. Baca baik-baik penjelasan di buku pegangan. Dengarkan baik-baik ketika guru sedang menerangkan suatu konsep dan materi. karena bisa jadi yang diterangkan oleh guru tidak ada di buku pegangan.

3. AMALAN : "LATIHAN SOAL"
   Nah, kalo kamu mau masuk kedalam dunia fisika... banyak-banyaklah latihan soal-soal. disana kamu akan lebih mengerti kapan konsep tersebut digunakan. sesungguhnya pemahaman konsep yang sudah kamu lakukan sebelumnya akan lebih mengena lagi ketika kamu banyak mengerjakan soal.

4. PENUNJANG :"BERPIKIR KRITIS"
   Berpikir kritis adalah penunjang yang sangat penting  ketika kamu ingin memahami fisika. tak paham maka bertanya. Saya yakin guru fisika kamu akan sangat senang sekali jika kamu bertanya hal yang tidak kamu ketahui dalam rangka menuju proses pemahaman.

5. INTINYA : "SABAR"
   Sabar dalam menghadapi kesulitan fisika, sabar dalam memahami konsep fisika, sabar dalam membaca soal fisika, sabar dalam menyelesaikan soal fisika, sabar... sabar..sabar.. dan teruslah bersabar.
jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.

okeh sekian tips n triks dari saya. semoga bermanfaat dan terus semangaaaat... Mungkin ada lagi yang memiliki pengalaman sukses menaklukan fisika? bisa kasih tips n trik nya di komentar ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN PEMBAHASAN FLUIDA STATIS

Kode gc

Oc azima